Rabu, 24 Juni 2009

Selayang Pandang

SANGGAR TARI GITA eSHa KHATULISTIWA

Sanggar Tari Gita eSHa Khatulistiwa (GESKA) pada awalnya bernama Sanggar Tari Kijang Berantai, berdiri pada tanggal 1 Agustus 1994 di Pontianak, merupakan bagian dari Perguruan Kijang Berantai Kalimantan Barat. Sanggar Tari ini dipimpin oleh Ibu Syarifah Hapsah Djuhardi, dan sebagai Pelindung – Pembina serta Penasihat ialah Bapak Haji Djuhardi, Haji Alwi (Maha Guru Kijang Berantai).

Sanggar Tari Gita eSHa Khatulistiwa (GESKA) sebagai organisasi/lembaga yang bergerak pada bidang kesenian khususnya seni tari, di dalam bentuk pengelolaan seninya menitikberatkan pada pengolahan seni tari daerah Kalimantan Barat baik itu Melayu ataupun Dayak.

Sanggar Tari Gita eSHa Khatulistiwa sejak berdirinya telah beberapa kali mewakili daerah Kalimantan Barat pada acara-acara kesenian/kebudayaan (lomba/festival) yang diselenggarakan di beberapa daerah di Indonesia dan juga di beberapa negara di luar Indonesia.

Sanggar Tari Gita eSha Khatulistiwa (GESKA) dalam komitmennya pada pelestarian seni khususnya seni tari daerah Kalimantan Barat kaitannya dengan perkembangan zaman, juga melakukan pengembangan-pengembangan dalam bentuk karya tari baru dengan tetap memperlihatkan cirri khas/identitas daerah agar mampu tumbuh dan hidup seiring dengan perubahan zaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar